Browse By

BPJS Haram? Woles, Ini Solusinya

Sharing!

Sampai detik ini saya masih meyakini BPJS haram nih gan, coba browsing sana sini, liat-liat di youtube terserah mereka disana ada yang beranggapan BPJS tidak haram. Yuk Mari disimak Ulasan dibawah.

 

Ijtima atau kesepakatan ulama Komisi Fatwa seIndonesia yang ke5, diselenggarakan di Tegal Jawa tengah akhirnya menjatuhkan hasil yang cukup mengejutkan, BPJS HARAM. Mengapa demikian? Inilah poin penting dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menjelaskan mengapa BPJS akhirnya dinyatakan haram. yuk lanjut disimak.

Menurut MUI dalam sistem akad (hukum) salah satu pihak dirugikan dalam program BPJS ini, yakni pada pihak peserta.

  • Adanya bunga atau riba

Bunga sebesar 2% akan  dibebankan pada peserta BPJS jika mereka yakni para peserta menunggak bayaran.

  • Karyawan perusahaan yang jadi peserta dari BPJS yang terlambat membayarkan iuran lebih dari 3 bulan akan diputus.

Hal Ini jelas akan merugikan anda sebagai karyawan. Gaji anda dipotong perusahaan dengan alih-alih untuk BPJS, akan tetapi ternyata tidak dibayarkan.

  • Non karyawan yang jadi peserta BPJS apabila terlambat membayar iuran lebih dari 6 bulan maka akan diputus.

Ini juga jelas merugikan para pesertanya. Duit anda yang sudah masuk ke BPJS akan hangus sia-sia.

  • BPJS juga dinilai mengandung unsur gharar serta maisir.

Gharar maksudnya ialah berarti ada ketidakjelasan kualitas suatu produk sehingga hal ini bisa mengandung unsur penipuan.

  • Maisir secara besar menguntungkan pihak tertentu tanpa harus kerja keras.

Saya berikan contoh, misal anda adalah karyawan yang tiap bulan gajinya dipotong oleh perusahaan dengan alasan untuk membayar BPJS, eh tapi ternyata potongan tersebut tidak dibayarkan oleh perusahaan. Maka perusahaan tempat anda bekerja sudah melakukan praktik maisir.

banneracai TANAH WAKAF

Sebagai penutup, mungkin anda merasa jengkel, karena sekarang urus apa-apa harus memiliki BPJS, dan anda seolah dipaksa masuk neraka jahanam. Dari jawaban salah seorang di media social FB yang tidak ingin saya sebutkan namanya mendapatan kesimpulan Silahkan gabung saja BPJS jika itu terpaksa anda harus gabung ( sebaiknya sih hindari ). Insya Allah biang yang memaksa kita untuk melakukan itu bisa dimintai pertanggung jawaban di Akherat, silahkan minta barter dengan pahalanya nanti di akherat, silahkan serahkan dosa anda ke mereka para biang BPJS. Ada Pendapat lain? Silahkan kalo ada yang mau memberi masukan bisa komentar. terima Kasih Sudah berkunjung. tolong jangan anggap pendapat saya ini 100% benar. Saya sangat menerima masukan, bukan seperti cebong di kolam.

Facebook Comments

Sharing!

%d bloggers like this: