Browse By

Angin Kencang Di Jawa Barat Perlu Diwaspadai

Sharing!

Angin Kencang di daerah jawa barat (foto:merdeka)

Selama dua hari kedepan, masyarakat Jawa Barat dihimbau untuk mewaspadai angin kencang yang akan menerjang. Angin kencang tersebut bukan tidak mungkin akan menyebabkan bencana alam dan kerusakaan lainnya, ujar Peneliti Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung, Deni Septiadi. Badai Tropis di Australia bagian utara kemungkinan yang menyebabkan cuaca di laut selatan Pulau Jawa menjadi lebih hangat dan menimbulkan angina kencang.

Deni menerangkan bahwa dari badai itu dapat menimbulkan awan-awan konvektif yang selanjutnya, akan membentuk awan sikon kemudian menumpuk di daerah Pulau Jawa, khususnya wilayah selatan.Berdasarkan hasil pengamatan BMKG, Angin berhembus dengan kecepatan 22 knot atau sekitar 33 kilometer per jam, bahkan bisa mencapai 65 kilometer per jam.

Dengan kecepatan seperti itu, Angin kencang mampu menumbangkan pohon tua dan juga bisa menyebabkan hujan deras yang berdampak banjir dan longsor. “Salah satunya di daerah Cianjur dan Sukabumi,” urai Deni.

banneracai TANAH WAKAF

Himbauan juga diberikan kepada pengemudi sepeda motor yang bisa kehilangan kendali karena kecepatan angin yang terlampau tinggi. “Kehati-hatian perlu diutamakan saat melintasi kawasan tinggi, seperti Jalan Layang Pasupati atau jembatan Kiaracondong,” kata Deni.(chy)

Facebook Comments

Sharing!

%d bloggers like this: