Akil Mochtar Pernah Dituding Terima Suap Dari Bupati Simalungun

Bagikan!

Akil Mochtar (Foto:kompas)
Akil Mochtar (Foto:kompas)

Refly Harun, selaku Pakar Hukum Tata Negara, terlihat datang ke Gedung KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) di Kuningan-Jakarta Selatan, setelah tertangkapnya Akil Mochtar yang menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi.

Diketahui bahwa Refly pernah mengungkap “permainan” Akil Mochtar saat menangani sengketa Pilkada di Kabupaten Simalungun yang kemudian hasilnya dimenangkan oleh calon Bupati Simalungun yaitu Jopinus Ramli Saragih. Dinyatakan oleh Refly, yang kala itu juga selaku kuasa hukum Jopinus, bahwa kliennya itu memberikan imbalan sebesar Rp 1 miliar untuk Akil atas dimenangkannya sengketa pilkada tersebut. Tetapi, ketika itu Akil tidak terbukti telah menerima suap dari Jopinus, dan bahkan Refly dilaporkan ke Mabes Polri atas tuduhan pencemaran nama baik.

Namun, dengan tertangkapnya Akil oleh KPK saat ini bisa menjadi media untuk kembali memperbaiki nama baik Refly. Pria yang pernah gagal menjadi anggota Bawaslu ini cukup mengambil sisi positifnya saja dari kejadian yang terjadi kepada Akil Mochtar.

Kamis, 3 Oktober 2013, Refly mengatakan bahwa atas kejadian penangkapan Akil dapat sedikit membantu memperbaiki namanya. Ketika dirinya berbicara pada waktu itu juga ada seorang hakim konstitusi yang memeras tetapi dirinya menganggap itu tidak salah. Namun saat ini, yang terjadi yaitu tertangkap tangan. Meskipun begitu, Refly mengatakan bahwa tetap harus ada praduga tak bersalah entah akan ditetapkan sebagai apa Akil Mochtar nantinya.

Untuk diketahui, bahwa Akil Mochtar tetangkap tangan oleh penyidik KPK setelah transaksi serah terima uang Dollar Singapura senilai sekitar Rp 2 miliar terkait dengan penanganan kasus sengketa Pilkada di Gunung Mas-Kalteng.

Turut ditangkap bersama dengan Akil yaitu seorang pengusaha berinisial CN, anggota DPR berinisial CHN, seorang kepala daerah berinisial HB, dan seorang lainnya berinisial DH. (chy.rj)

Bagikan!

CahiyaCom
  • CahiyaCom
  • Penulis Berita dan Informasi Online Seperti tips, cara dan juga berbagai trik.

Leave a Comment