Browse By

5 Ciri-ciri fisik Kadar Kolesterol Tinggi

Sharing!

Ilustrasi kolestrol

Ilustrasi kolestrol

Kadar kolesterol di dalam darah menjadi pencegah penyakit jantung dan penyumbatan pembuluh darah. Pemeriksaan kadar kolesterol biasanya dilakukan di laboratorium dan sebaiknya dilakukan secara rutin. Pemeriksaan sederhana hanya informasi angka kolesterol total, pemeriksaan kompleks member informasi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat), HDL (kolesterol baik), dan trigliserida. Tanda fisik yang dapat diamati dari tingginya kadar kolesterol yaitu:

1. Pegal di tangan dan kaki
Pembuluh darah yang ada di tangan dan kaki dapat tersumbat karena penumpukan kolesterol. Apabila terjadi secara terus menerus maka akan membuat kaki dan tangan menjadi pegal.

2. Sering kesemutan
Adanya kesemutan di daerah tangan dan kaki karena ketidaklancaran aliran darah di bagian tubuh tertentu. Hal ini berkaitan dengan saraf yang tidak mendapatkan aliran darah karena tingginya kadar kolesterol dalam darah.

3. Nyeri di dada sebelah kiri
Dada sebelah kiri berhubungan dengan jantung sebagai pemompa darah. Penyumbatan pembuluh adarah di sekitar jantung membuat nyeri tertusuk hingga menjalar ke leher. Nyeri di dada juga menjadi tanda serangan jantung dan tanda bahwa kolesterol di dalam darah terlalu tinggi.

4. Tengkuk dan pundak terasa pegal
Tengkuk dan pundak yang terasa pegal menjadi tanda pembuluh darah di area itu kurang lancar. Tingginya kadar kolesterol menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

banneracai TANAH WAKAF

5. Sering pusing di bagian belakang kepala
Pusing di bagian belakang kepala karena adanya penyumbatan pembuluh darah di bagian sekitar kepala. Hal ini dapat terjadi karena kolesterol membentuk plak di pembuluh darah dan jika dibiarkan pecah menjadi stroke.

Facebook Comments

Sharing!

%d bloggers like this: