10 Mitos tentang Penyakit Diabetes

Ilustrasi Diabetes (foto:netsains)
Ilustrasi Diabetes (foto:netsains)

Total penderita diabetes seluruh dunia mencapai 371 juta orang bahkan Indonesia memiliki jumlah penderita 7,3 juta orang. Meskipun banyak yang menderita diabetes namun banyak mitos yang masih dipercaya oleh masyarakat di era penuh informasi seperti sekarang ini.

Salah satu mitos yang dipercaya adalah untuk mengurangi makanan bebas gula dan berkarbohidrat. Padahal penderita diabetes memerlukan menu makan seimbang dan karbohidrat menjadi bagian dari menu seimbang. Penderita diabetes harus mengatur asupan makanan yang dikonsumsi dan tidak boleh kelebihan asupan makanan. Dikutip dari Boldsky, mitos inilah yang tidak harus dipercaya:

1. Orang kegemukan pasti terkena diabetes
Sebagian orang sudah percaya bahwa obesitas dapat menyebabkan diabetes. Penderita obesiatas memiliki insulin yang tidak peka sehingga memicu diabetes. Tetapai adapula kasus bahwa ada orang yang obesitas tidak menderita diabetes dan malah ada orang yang langsing tetapi menderita diabetes.

2. Penderita harus menjauhi buah
Adapula mitos yang mengatakan bahwa buah mengandung karbohidrat sehingga penderita diabetes harus menghindarinya. Ini merupakan mitos karena kadar gula dapat meningkat atau menurun dipengaruhi indeks glikemik makanan. Indeks glikemik dalam buah termasuk rendah sehingga dapat dikonsumsi oleh orang yang terkena diabetes. Nasi putih atau oalahan makanan dari tepung memiliki indeks glikemik yang tinggi. Sebaiknya konsultasi ke dokter untuk menanyakan jumalah dan jenis buah yang masih dapat dikonsumsi.

3. Berolahraga lebih keras
Salah satu dari 10 mitos tentang diabetes yaitu orang yang terkena penyakit ini harus lebih keras dalam berolahraga, padahal itu hanyalah mitos. Ketika melakukan olahraga anaerobik maka level gula malah meningkat. Sebaiknya terus memantau detak jantung saat berolahraga.

4. Tidak berolahraga
Ada mitos agar penderita diabetes lebih baik tidak berolahraga karena kadar gula yang rendah dan bisa pingsan. Mitos ini tidak benar juga. Orang terkena diabetes harus menjaga kesehatannya dengan berolahraga yang bersifat aerobik, menjaga berat badan ideal dan harus mengontrol gula darah.

5. Mengkonsumsi makanan bebas gula
Penderita diabetes dapat mengkonsumsi yang bebas gula seperti biskuit, roti dan segala camilan tanpa gula. Mitos ini dipercaya banyak orang, padahal makanan seperti itu memang bebas gula namun masih berkabohidrat. Terjadang karbohidrat dari jenis makanan tertentu miningkatkan level gula darah. Dengan mengkonsumsi makanan yang bebas gula namun masih berkabohidarat dapat membuat gula darah naik.

6. Suntikan insulin penting
Anggapan suntikan insulin dapat mengontrol diabetes adalah mitos belaka. Suntikan insulin diperlukan penderita diabetes tipe 1 yang keadaan tubuhnya tidak memproduksi hormon yang cukup dan berbeda dengan diabetes tipe 2. Penderita diabetes tipe 2 memerlukan obat, bukan dengan suntikan insulin. Obat tidak diperlukan apabila penderita dapat mengatur pola makan dan aktivitas yang cukup.

7. Diabetes tidaklah penyakit serius
Ada informasi yang beredar bahwa diabetes bukanlah penyakit serius dan tidak harus segera diobati. Padahal diabetes tidak bisa dianggap enteng dan diremehkan. Faktanya, diabetes tidak boleh diabaikan atau dianggap enteng karena dapat membunuh seseorang secara perlahan apabila tidak diketahui dari awal. Penyakit diabetes mempengaruhi sistem pertahanan tubuh manusia, merusak ginjal dan organ vital yang lain.

8. Diabetes tipe 2 tidak berbahaya seperti diabetes tipe 1
Sebagian orang menganggap bahwa penyakit diabetes tipe 2 tidak parah seperti penyakit diabetes tipe 1. Jika tidak ditangani dengan tepat waktu maka bisa menjadi komplikasi yang parah. Meskipun kedua penyakit ini ditangani dengan pengobatan yang beda namun penderitanya harus menerapkan gaya hidup sehat.

9. Cukup dengan Obat
Selama penderita minum obat maka bisa mengonsumsi apasaja adalah mitos yang salah. Walaupun minum obat, penderita diabetes tetap harus mengontrol menu makan mereka. Ketergantungan pada obat juga tidak baik untuk hati.

10. Insulin menyebabkan komplikasi
Sebagian banyak orang yakin jika insulin membahayakan tubuh. Fakta yang benar yaitu insulin adalah hormon paling aman untuk mengontrol kadar gula darah. (chy)

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.