Browse By

Tubuh Gemuk Bukan Disebabkan Karena Sarapan Yang Ideal

Ilustrasi Tubuh Gemuk (Foto:milagrosnews)

Bagi segelintir orang, salah satu proses yang dianggap merusak diet adalah sarapan. Menurut Prof. Dr. Hardinsyah, MS, Ketua Umum Pergizi Pangan, berikut sarapan yang ideal agar tidak berlebihan.

Sarapan merupakan ritual penting pada pagi hari bagi setiap orang untuk mengawali rutinitas sepanjang hari. Dengan melakukan sarapan, maka kebutuhan zat gizi di pagi hari dianggap sudah memenuhi. Sarapan kaya akan manfaat, seperti mencegah timbulya penyakit hipoglikemia, menstabilkan kadar glukosa darah, dan mencegah dehidrasi setelah berpuasa sepanjang malam. Selain itu, sarapan dapat mencegah tubuh gemuk dan membentuk kebiasaan pola makan sehat dan teratur.

Berjuta manfaat dari sarapan, namun pernahkan terpikir oleh Anda sarapan yang ideal itu seperti apa? Menurut Prof. Dr. Hardinsyah, MS, Ketua Umum Pergizi Pangan, sarapan harus memenuhi 1.800 kalori.

banneracai

“Idealnya, sarapan dengan mengonsumsi nasi putih satu piring. Jika sarapan dengan nasi goreng, porsinya lebih baik setengah karena sudah mengandung minyak di dalamnya. Juga ditambahkan dengan satu telur dadar,” tambah Prof. Dr. Hardinsyah.

Dengan sarapan sesuai dengan jumlah ideal tersebut, tambahnya, sudah memenuhi jumlah kalori yang dipergunakan tubuh untuk melakukan rutinitas harian. Sarapan dianggap efektif jika dilakukan sebelum pukul 09.00. Dengan sarapan, sekitar 15-30 persen asupan yang masuk kedalam tubuh untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang sudah tercukupi. Namun, tidak sedikit pula orang yang sering melewatkan sarapan dan membiarkan perut kosong sebelum menjalankan rutinitas.(chy)

Facebook Comments
%d bloggers like this: