Home » Top News » Ekonomi » Tantangan Ekonomi Global di Tahun 2013

Tantangan Ekonomi Global di Tahun 2013

Wednesday, March 20th 2013. | Ekonomi, Top News
Ilustasi Grafik Ekonomi 2013 Tantangan Ekonomi Global di Tahun 2013

Ilustasi Grafik Ekonomi 2013 (Foto:beritadaerah)

Keadaan ekonomi global telah menemukan jalan keluar. Namun , yang menjadi tantangan berikutnya yaitu permasalahan ekonomi dari sisi global dan domestik di tahun 2013 ini.

Agus DW Martowardojo selaku Menteri Keuangan, memaparkan bahwasanya meskipun fiscal cliff dapat diatasi, pertumbuhan ekonomi global masih dipengaruhi oleh krisis yang dialami oleh Negara Eropa dan Amerika Serikat.

Saat pemaparan Outlook 2013, di Komisi XI DPR, Jakarta, Senin, 14 Januari 2013, Agus juga menyatakan bahwa pengaturan anggaran belanja Amerika Serikat tertunda selama dua bulan.

Menurutnya, tantangan global lainnya terjadi akibat harga komoditi pasar global yang bergejolak seiring dengan adanya kebijakan moneter di negara maju. Selain itu, untuk ekonomi domestik, bahwa tantangan lainnya seperti pencapaian pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif.

Agus menambahkan, bahwa pasar ketenagakerjaan yang dinilai mempunyai nilai investasi yang baik tetap menjadi sebuah tantangan karena jika infrastruktur tidak terjaga dapat menyebabkan tidak sustainaible. Kemudian di sisi belanja barang, untuk perkembangan biaya infra dan belanja APBN, pengendalian sudah lebih baik meskipun masih butuh banyak perbaikan.

Kementrian Lembaga (KL) menjadi sorotan Agus karena belanja modal yang dilakukan belum sesuai harapan. Perbaikan perlu dilakukan untuk realisasi anggaran yang lebih baik. (apz)

Jika Info tentang "Tantangan Ekonomi Global di Tahun 2013" ini Bermanfaat Tolong Klik "Like", Dan Beri Komentar Dibawah....