Browse By

Rupiah Stabil Lantaran Sepi Transaksi

Rupiah Mata Uang Indonesia (Foto:pesatnews)

Meskipun bencana banjir mempengaruhi pergerakan rupiah, namun pergerakan rupiah hingga hari ini ditutup stabil. Selain dikarenakan perdagangan rupiah di market interbank tidak ramai seperti biasanya, kondisi banjir juga mengakibatkan beberapa bank tutup lebih cepat bahkan tidak buka sama sekali.

Menurut Analis Valas Rahadyo Anggoro Widagdo, Rupiah stabil dikarenakan kondisi banjir, itu tentu berpengaruh pada pergerakan rupiah. Karena bencana ini berpotensi meningkatkan inflasi akibat kenaikan bahan pokok makanan yang akan berdampak terhadap pergerakan rupiah.

banneracai

Anggoro ketika ditemui wartawan di Jakarta, Kamis, 17 Januari 2013, mengungkapkan, “selain itu investor asing juga akan khawatir dan akan ada investor yang memindahkan dananya dari indonesia ke instrumen lainnya diluar indonesia sampai kondisi jakarta aman dari banjir.”

Menurutnya, pergerakan rupiah pada penutupan hari ini terbilang stabil karena transaksi di pasar yang sepi tidak seperti hari normal, sehingga transaksi rupiah di pasar tidak terlalu banyak perubahan. “Transaksinya sepi makanya rupiah ditutup stabil hari ini, sama seperti perdagangan di bursa yang sepi karena banjir,” tandasnya. (apz)

Facebook Comments
%d bloggers like this: