Browse By

Rupiah Melemah Dalam Minggu Ini

Rupiah Mata Uang Indonesia (Foto:pesatnews)

Selama satu minggu ini, pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) melemah Rp9.700-Rp9.750 per USD. Intervensi Bank Indonesia (BI) dinilai cukup membantu dalam menahan laju pelemahan rupiah.

Analis Valas Rahadyo Anggoro Widagdo di Jakarta, Kamis, 17 Januari 2013, mengungkapkan, “jika BI tidak melakukan intervensi diperkirakan nilai tukar rupiah akan berada di level 9900 karena NDF rupiah terhadap dollar sendiri saat ini sudah ditutup dilevel Rp9.880-Rp9.900 per USD,”

Dia juga menjelaskan, dengan pengaruh dari kenaikan tarif dasar listrik dan musim hujan, juga mempengaruhi terhadap supply bahan pokok makanan sehingga secara otomatis meningkatkan harga bahan pokok tersebut. Hal tersebut mengakibatkan para pelaku pasar memiliki ekspektasi inflasi yang akan semakin tinggi di 2013.

“Namun demikian, BI masih mempertahankan analisa mereka terhadap perekonomian, bahwa dampak listrik naik tarif akan ringan, sehingga untuk BI rate tidak berubah hingga Q1 2013,” tandasnya.

banneracai

Walaupun masih adanya kekhawatiran terhadap kinerja neraca perdagangan Q4 2012 lalu, kinerja perdagangan Indonesia pada bulan November mencatat defisit yang lebih rendah.

“BI memperkirakan pada Q412 keseimbangan neraca perdagangan Indonesia tetap akan positif. Kondisi ini didukung juga oleh masih banyaknya FDI yang masuk ke Indonesia,” jelasnya. (apz)

Facebook Comments
%d bloggers like this: