Browse By

Rumah Murah, DP Mahal Ya Percuma

Ilustrasi Gambar Rumah Murah (Foto:propertikaltim)

Saat ini banyak rumah murah yang dikembangkan oleh developer, namun hal ini masih belum sepenuhnya dapat membantu masyarakat kalangan menengah kebawah dikarenakan kendala uang muka atau down payment/ DP.

Menurut Eddy Ganefo selaku Ketua Umum Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (Apersi) DP atau uang muka adalah hal yang masih memberatkan bagi masyarakat Indonesia pada umumnya.

Dia menjelaskan meskipun sekarang ada Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dari bank, namun jika masyarakat masih belum bisa membayar DP nya maka sama saja belum bisa membeli rumah dengan mengangsur.

Lanjutnya dia menjelaskan bahwa ada beberapa cara mengatasi DP namun biasannya hanya berlaku bagi pekerja formal karena mempunyai gaji yang berstandar misalnya PNS, ABRI/ pun karyawan. Namun sebenarnya yang membutuhkan rumah itu lebih pada pekerja disektor informal

Maka solusinya ada pada kebijakan pemerintah untuk dapat mengatasi kekurangan pasokan rumah/ backlog yang dalam hal ini pemerintah belum kelihatan kebijakannya yang mendukun gpekerja informal.

banneracai

FLPP merupakan solusi proses yang merupakan dana investasi berbunga murah yang dikolaborasi dengan dana perbankan. Dari FLPP ini pembiayaan perumahan dapat diturunkan dan harga rumah menjadi lebih terjangkau. Program FLPP ini diberikan bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah dengan beberapa syarat.

Beberapa syarat tersebut adalah belum pernah menerima rumah bersubsidi, penghasilan maksimal tiga juta rupiah, memiliki NPWP dan juga Surat Pernyataan Penghasilan (SPT).

Facebook Comments
%d bloggers like this: