Browse By

Polisi Kesulitan Dalam Mengungkap Kasus Yamanie

kepolisian republik indonesia (Foto:inilah)

Mabes Polri mengaku kesulitan dalam menangani kasus mantan Hakim Agung Achmad Yamanie, yaitu tentang pemalsuan putusan yang dilakukannya. Komjen Polisi Sutarman menjelaskan bahwa terdapat kendala serius yang dihadapi oleh pihak penyidik.

Yamanie terbukti telah melakukan pemalsuan Putusan Peninjauan Kembali dalam kasus Hengky Gunawan sebagai pemilik pabrik narkoba sekaligus pengedar narkoba jenis ekstasi di Surabaya. Vonis yang diberikan 15 tahun penjara diturunkan menjadi 12 tahun dalam sidang Majelis Kehormatan hakim Mahkamah Agung.

Jakarta, Senin, 14 Januari 2013, di . Gedung Mahkamah Konstitusi, Sutarman juga mengungkapkan bahwa sampai sekarang barang bukti surat vonis yang diubah menjadi 12 tahun belum ditemukan.

banneracai

Untuk memproses kasus ini, polisi harus memiliki dokumen putusan asli yang dapat dijadikan sebagai barang bukti. Jika memang ditemukan, dapat dicari tahu siapa yang membuat putusan palsu tersebut. Yamanie dipecat secara tidak terhormat oleh MKH pada tangga 11 Desember 2012 lalu. Yamanie pun hampir pingsan saat mendengar keputusan itu.

Paulus E. Lotulung, selaku Ketua Majelis Kehormatan Hakim, dalam Sidang MKH di Gedung MA, Jakarta, menyatakan bahwa hakim terlapor, yaitu Hakim Achmad Yamanie terbukti telah melakukan pelanggaran kode etik dan perilaku hakim. Oleh karena itu Yamanie diberhentikan secara tidak hormat sebagai hakim agung. (apz)

Facebook Comments
%d bloggers like this: