Browse By

Pemerintah Kabupaten Tuban Bubarkan Lokalisasi Dengan Cara Bersahaja

Pemerintahan Kabupaten Tuban (Foto:tubankab)

Pemerintah Kabupaten Tuban, Jawa Timur menutup lokalisasi tidak menggunakan kekerasan. Ratusan pekerja seks komersial (PSK) di lokalisasi tersebut diberi uang saku Rp3 juta. Pada hari Selasa, 15 Januari 2013 siang, Lokalisasi Gandul di Dusun Wonorejo, Desa Gesing, Kecamatan Semanding, resmi ditutup.

Terdaftar 129 PSK yang menghuni beberapa wisma di lokalisasi tersebut. Pemerintah Kabupaten Tuban dan Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur telah memberikan pembinaan dan uang saku sebagai modal usaha agar tidak melacur lagi. Sebut saja SM (25), salah seorang PSK asal Kecamatan Jatirogo, mengatakan, uang tersebut akan digunakan sebagai modal buka warung di desanya. Dia menegaskan, bahwa tidak akan lagi bekerja di dunia prostitusi.

banneracai

Sebagian besar PSK yang menghuni Lokalisasi Gandul berasal dari berbagai wilayah di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Bahkan, ada yang berasal dari Jakarta dan Ambon. Namun, ada pihak yang merasa dirugikan dengan penutupan lokalisasi itu, seperti para pemilik wisma, mucikari, dan pedagang warung.

Pihak Pemerintah Desa Gesing berharap Pemerintah Kabupaten bertanggung jawab terhadap nasib para pedagang dan pemilik wisma, Mereka kebingungan mencari penghasilan. Para pedagang dan pemilik wisma tidak diberi modal usaha, seperti halnya para PSK. (chy.rj)

Facebook Comments
%d bloggers like this: