Browse By

Pasukan Perancis – Amerika Serikat Gagal Membebaskan Sandera di Somalia

Ilustrasi Perampok Somalia (foto:kompas)

Kejelasan nasib sandera agen intelijen Prancis masih belum jelas lantaran gagalnya pasukan Prancis dan Amerika Serikat dalam operasi pembebasan sandera di Somalia pekan lalu.

Seperti dilansir dari CNN, Presiden Amerika Serikat, Barack Obama mengatakan bahwa pasukan operasi Amerika Serikat hanya memberikan sedikit bantuan secara teknis kepada pasukan Prancis yang menyerbu ke sarang teroris Somalia. Selain itu, Obama juga mengungkapkan bahwa pasukan Amerika Serikat memang tidak ambil peran utama dalam upaya pembebasan sandera Perancis tersebut.

Misi penyerbuan yang dilakukan di Bulo Marer, sekitar 75 mil sebelah barat laut Mogadishu yaitu untuk membebaskan Denis Allex selaku anggota intelijen Perancis. Denis diculik oleh kelompok al-Shabaab sejak 14 Juli 2009. Baku tembak antara pasukan Perancis dan kelompok militan mengakibatkan terbunuhnya 17 orang teroris dan seorang tentara Prancis dan satu lainnya hilang.

banneracai

Kemhan Prancis menyatakan bahwa operasi pembebasan sandera gagal dan diprediksi bahwa sandera telah tewas dibunuh. Namun pihak militant Al-Shabaab menyatakan bahwa sandera masih hidup dan dalam kondisi tidak terluka. Saat ini, lokasi sandera telah dipindahkan dan akan diputuskan nasibnya dalam 2 hari kedepan.

Obama mengungkapkan bahwa saat penyerbuan dilakukan, jet tempur Amerika hanya melintasi lokasi pertempuran saja danakan melakukan operasi penyelamatan jika memang diperlukan. Saat itu, jet tempur tidak menembakkan senjata. (apz)

Facebook Comments
%d bloggers like this: