Browse By

Lukisan Hilang, Rupanya Diamankan Ahli Waris

Museum H Widayat (Foto:panduanwisata)

Adanya kasus pencurian lukisan seperti yang sedang marak diberitakan di Museum H Widayat di jalan Mendut-Borobudur, Kecamatan Mungkid, Magelang, Jawa Tengah dibantah oleh 9 dari 11 ahli waris dari pelukis hebat H Widayat.

Putra almarhum H Widayat, Anwar Hutomo Kusumo Wardono dalam jumpa pers pada hari selasa, 15 Januari 2013, di Pusat Bantuan Hukum Yogyakarta (PBHY), Jalan Jenggotan Nomor 5A, Yogyakarta menjelaskan bahwa kasus pencurian tersebut tidak benar adanya, karena sebenarnya semua lukisan tersebut telah diambil oleh para ahli waris.

Pada saat itu , tampak adik Anwar yaitu Yuli Raharjo yang tengah hadir untuk mewakili ke delapan saudaranya yang tidak dapat hadir untuk memberikan klarifikasi. Bukan hanya itu, di sana juga tampak hadir kuasa hukum para ahli waris yaitu Irawadi Uska untuk memberikan penjelasan terkait kasus tersebut.

Dalam jumpa pers tersebut, Anwar juga menjelaskan bahwa sebenarnya untuk membagi lukisan-lukisan tersebut kepada yang memang memiliki hak sebagai ahli waris merupakan kesepakatan bersama seluruh keluarga. Dengan adanya pemberitaan tersebut, pihaknya merasa kaget dan tidak menyangka kalau masalah dalam keluarganya diberitakan dengan sedemikian rupa.

Dalam kesempatan tersebut, Irawandi juga menjelaskan perihal kekecewaan dirinya yang telah dituduh mencuri lukisan yang memang sudah menjadi hak milik sendiri seperti yang sedang marak diberitakan. Dalam jumpa pers ini, tujuannya hanya untuk meluruskan masalah yang sebenarnya agar tidak terjadi simpang siur yang semakin panjang, bukan mengajak untuk berdebat.

banneracai

Irawandi juga mengungkapkan bahwa penjaga museumnya sendiri yang memberikan kunci museum tersebut kepada delapan dari 9 ahli waris yang hendak mengambil lukisan-lukisan tersebut yang kemudian dibawa dengan menggunakan sebuah truk. Dia juga menegaskan bahwa lukisan ada ditempat yang benar-benar aman walaupun lukisan-lukisan tersebut dipindahkan dari museum.

Sebelumnya, pihak keluarga memang sudah mengetahui tentang adanya pengaduan dan berita kehilangan lukisan di Museum H Widayat, bahkan ada rencana Polres setempat akan melakukan mediasi dengan para ahli waris. Irawandi berharap bahwa dengan adanya mediasi yang dilakukan oleh Polres Magelang akan dapat menemukan jalan keluar yang terbaik dari permasalahan ini sebelum masalah ini bertambah besar. (apz)

Facebook Comments
%d bloggers like this: