Browse By

Kemenpera Terganjal Administrasi, Menghambat Program Bedah Rumah

Kemenpera

Program Kementerian Perumahan Rakyat atau disingkat Kemenpera dalam hal swadaya rumah mendapat beberapa hambatan salah satunya adalah hambatan sepele yakni administrasi data yang belum digandakan/ dicopy.

Rendy Lamadjido, Fraksi PDIP dalam acara Rapat Kerja Komisi V DPR RI dengan Kementerian Perumahan Rakyat di Gedung DPR RI menjelaskan di daerah terpencil, terpelosok kendala sepele menjadi hal besar misalkan saja masalah foto copi dan foto, mereka harus sampai ke kabupaten kota untuk memperolehnya.

banneracai

Dia menayarankan pada kemenpera agar mempermudah persyaratan bagi rumah yang akan di berikan swadaya atau mengkaji ulang persyaratan yang telah di ajukan, supaya kendala tersebut dapat diatasi. Hal ini perlu dilakukan karena prioritas penyerapan program ini adalah masyarakat dikepulauan yang lebih membutuhkan.

Program ini diperuntukkan bagi masyarakat yang mempunyai rumah tidak layak huni dengan model Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Indicator rumah tidak layak pakai adalah sebagai berikut: lahan kurang dari 8 m2, terbuat dari bambu, kayu tidak tahan lama, atap tidak layak dari rumbia/ genteng murahan, listrik tidak ada, WC tidak ada, tidak punya sumur.(chy)

Facebook Comments
%d bloggers like this: