Browse By

Daming Menuai Kecaman Dari Berbagai Pihak

Daming (foto:tribunnews)

Mahkamah Agung (MA) didesak Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) untuk memberikan sanksi kepada calon Hakim Agung Muhamad Daming Sanusi.

Hal ini lantaran pernyataan Daming yang mengatakan pelaku pemerkosaan tidak perlu dihukum mati. Komisioner KPAI, Muhamad Ikhsan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa 15 Januari 2013, menyatakan, “kami akan minta MA copot Daming dari jabatannya di Pengadilan Tinggi di Banjarmasin. Kalau MA tidak mem-follow up, berarti ada kecenderungan Daming tidak menghargai para korban.”

KPAI juga berharap Komisi III DPR tidak meloloskan Daming Sanusi saat menjalani proses lanjutan fit and proper test sebagai calon Hakim Agung. Ikhsan menambahkan, “sudah banyak yang bicara akan menolak Daming. Kami dari masyarakat yang peduli terhadap korban perkosaan dan keluarga, minta DPR untuk tidak meloloskan Daming.”

banneracai

Pernyataan Daming keluar ketika salah seorang anggota Komisi III Andi Azhar bertanya terkait keberanian untuk memberikan hukuman mati terhadap pelaku pemerkosaan, jika terpilih sebagai Hakim Agung.

Daming mengatakan jika hukuman mati bagi pelaku pemerkosaan perlu dikaji ulang karena baik pelaku maupun korban sama-sama merasakan kenikmatan. Namun dia sependapat dengan hukuman mati yang diberkan oleh koruptor dan kasus narkoba. (apz)

Facebook Comments
%d bloggers like this: