Bumi Terancam Dilanda Miliaran Partikel Badai Matahari

Badai Matahari atau Coronal mass ejection Bumi Terancam Dilanda Miliaran Partikel Badai Matahari

Badai Matahari atau Coronal mass ejection

Selain adanya kabar mengenai hadirnya supermoon atau bulan purnama yang paling besar di tahun 2013, para ilmuwan juga mengungkap akan adanya badai matahari yang akan melepaskan partikel surya ke luar angkasa.

Seperti yang Dilansir dari Redorbit, Pada Hari Minggu 23 Juni 2013, partikel surya atau kata lainnya coronal mass ejection CME ini terlepas dari matahari tepatnya pada tanggal 20 Juni 2013 yang lalu. Para Ilmuwan antariksa mengatakan bahwa CME ini memiliki potensi akan meluncur menuju arah Bumi.

Miliaran dari partikel matahari tersebut bisa mencapai Bumi dan berakibat mengganggu system dari komponen kelistrikan, baik diarea sekitar Bumi seperti halnya satelit maupun perangkat elektrik lainnya yang ada di Bumi. Meskipun demikian namun para ilmuwan mengungkapkan bahwa CME tersebut tidak akan bisa menerobos atmosfer  dan juga tidaklah berbahaya bagi manusia di Bumi.

Pada Umumnya CME meninggalkan matahari dengan kecepatan antara 500 mil dan 750 mil per detiknya. Para Ilmuwan meyakini bahwa CME tersebut yang terlepas dari matahari pada Kamis yang lalu merupakan CME yang paling cepat yang melesat pada kecepatan 1.350 mil per detiknya.

Ketika pada akhirnya partikel surya tersebut mencapai Bumi, maka ada fenomena yang biasa dinamakan dengan badai geomagnetik. Fenomena itu terjadi pada saat partikel energi masuk kedalam magnetosfer di Bumi. (chy)

Silahkan Isi Komentar