Browse By

Bahaya Makanan Kaleng bagi Kesehatan Jantung dan Ginjal

ilustrasi makanan kaleng

Makanan kaleng tidak begitu baik untuk kesehatan tubuh. Penelitian baru menyatakan, Bahaya Makanan Kaleng dapat mengganggu kesehatan jantung dan ginjal.

Di dalam makanan kaleng terdapat salah satu bahan zat kimia berupa Bisphenol A (BPA). Pasalnya, BPA adalah zat kimia yang dapat membahayakan kesehatan jantung dan ginjal di dalam tubuh. Studi baru menyatakan bahwa makanan kaleng yang sering dikonsumsi oleh anak-anak dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan jantung dan ginjal anak. Hal tersebut telah dibuktikan dari hasil tes laboratorium urin anak-anak, sebagaimana dilansir EmaxHealth.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Langone Medical Center dan New York University School of Medicine di Amerika, menunjukkan bahan kimia BPA masih digunakan dalam makanan kaleng. Meskipun sudah ada larangan dari Food and Drug Administration (FDA) agar tidak menggunakan bahan BPA dalam makanan kaleng.

banneracai

“Bahan kimia BPA dapat meningkatkan penyakit jantung dan ginjal, terutama pada anak-anak. Ini akan menjadi pengaruh risiko penyakit yang akan diderita anak-anak di masa mendatang,” ujar Dr. Leonardo Trasande, MD, MPP, Profesor Ahli Gizi dan Kedokteran Lingkungan Kesehatan Penduduk.

Untuk menanggulangi hal tersebut, tambahnya, orangtua harus menjauhkan anak-anaknya dari kebiasaan mengonsumsi makanan kaleng. Terlebih data di Amerika menunjukkan bahwa 90% orang sudah terkena dampak dari bahan kimia BPA yang berisiko terhadap kesehatan jantung dan ginjal mereka.(chy)

Facebook Comments
%d bloggers like this: